Tag Archives: Biji Kopi

BIJI KOPI – Kulit Kopi Alternatif Pakan Ternak

KULIT KOPI ALTERNATIF PAKAN TERNAK

Kulit Kopi biasanya dibuang sebagai pupuk maupun dibuang untuk bahan bakar, kini bisa digunakan sebagai suplemen pakan ayam petelur maupun pakan ayam pedaging juga untuk penggemukan kambing dan sapi. Dilihat dari kandungan nutrisi yang ada didalam kulit kopi maka kulit kopi dapat digunakan sebagai alternatif pengganti dedak (katul) untuk pakan ayam atau dibuat tape kulit kopi untuk kambing dan sapi.

Kulit kopi dapat ditingkatkan kwalitasnya dengan menggunakan teknik fermentasi sebelum kulit kopi digunakan untuk pakan ternak. Hal ini dilakukan untuk memperbarui dan menambah asupan gizi yang ada pada kulit kopi. Disamping itu untuk meningkatkan daya cerna ayam, kambing atau sapi terhadap pakan kulit kopi bisa sempurna.
Percobaan pemanfaatan limbah kopi pada ayam pernah dilakukan Muryanto, Nuschati, Pramono dan Prasetyo (BPTP Jawa Tengah) pada tahun 2004. Limbah Kulit Kopi mengandung protein kasar 10,4 persen atau hampir sama dengan bekatul. Sedangkan kandungan energi metabolisnya 3.356 kkal/kg (Muryanto, dkk. Teknologi Pembuatan Formula Pakan Ternak Domba. Risalah Penelitian. 2004. BPTP Tawa Tengah).
Hasil penelitian BPTP (2004) menunjukkan, penggunaan limbah Kulit Kopi sebanyak lima persen dari total ransum ayam hibrida tidak berpengaruh negatif terhadap produktivitas ayam. Artinya, meski tidak terlalu banyak, bisa menekan biaya pengeluaran peternak.
Salah satu kendala pemanfaatan kulit kopi sebagai pakan ternak adalah kandungan serat kasarnya yang tinggi (33,14 persen) sehingga tingkat kecernaan kulit kopi sangat rendah. Tingkat kecernaan kulit kopi bisa dinaikkan dengan proses amoniasi yang juga dapat mendongkrak kadar protein dan menghilangkan aflatoksin (racun). Metode ini pernah diteliti sejumlah mahasiswa Fakultas Peternakan Undip (2005), dan sukses diuji coba pada ternak domba. Untuk mendapatkan kulit kopi [Klik Disini]
Pembuatan Tape Kulit Kopi Untuk Pakan Ternak
Bahan-Bahan :
  • kulit kopi adalah 20 kg kulit kopi kering udara
  • 1 kg urea
  • 14 liter air.
Peralatan yang digunakan
  • timbangan
  • gelas ukur
  • terpal plastik
  • kantong plastik (disesuaikan dengan jumlah bahan)
  • ember
  • pengaduk
Cara pembuatannya
  • Kulit Kopi dihamparkan pada terpal / lembaran plastik berukuran 180 x 200 cm2. Masukkan 14 liter air ke dalam ember, dan masukkan pula 1 kg urea ke dalamnya. Aduk terus sampai semua urea terlarut.
  • Siramkan larutan urea ke kulit kopi secara merata, kemudian dibolak-balik sampai seluruh bagian kulit basah oleh larutan tersebut. Masukkan kulit kopi ke dalam plastik kantong (90x 100 cm) secara rangkap, kemudian dipadatkan, dan diikat erat-erat.
  • Pastikan tak ada kebocoran pada kantong plastik. Setelah empat minggu, amoniasi kulit kopi sudah dapat dibuka. Amoniasi diangin-anginkan selama 1-2 hari, sampai bau menyengat amoniak hilang. Sekarang, hasil amoniasi bisa digunakan sebagai pakan sapi atau domba.
  • Kulit kopi yang telah diamonasi mempunyai kandungan protein 17,88 %, kecernaan 50 % (semula 40 %), VFA 143 mM (semula 102 mM) dan NH3 12,04 mM (semula 4,8 mM).
  • Struktur dinding sel kulit kopi juga menjadi lebih amorf dan tidak berdebu, sehingga lebih mudah ditangani. Dalam keadaan tertutup (plastik belum dibuka / dibongkar), bahan pakan yang diamoniasi dapat tahan lama. Menurut versi dunia peternakan ini namanya tape Kulit Kopi.
Bapak BUDI
081 333 686 682 (SIMPATI)
087 859 876 531 (XL)
Bapak THOMAS
081 1360 3808 (SIMPATI)
330F9b65 (pin BB)
Email :
Pemesanan : Marketing@kopisangrai.com
Peluang Usaha : Info@kopisangrai.com
Alamat Kantor :
Jl. Anggrek Merpati No.13 Malang, Jawa Timur, Indonesia
Posted in Produk Kami | Tagged , , , , , | 2 Comments

KOPISANGRAI.COM – Profil Perusahaan

KOPISANGRAI.COM

KopiSangrai adalah perusahaan pengolahan biji kopi menjadi kopi roasted yang berkedudukan di kecamatan Dampit Kabupaten Malang. Beralamat kantor di jalan Anggrek Merpati nomor 13 Kota Malang.

Misi utama KopiSangrai adalah menjadi perusahaan pengolahan biji kopi guna memenuhi kebutuhan kopi roasted untuk usaha mandiri, home industri, dan industri kopi.

Visi untuk selalu menjaga kualitas dan kuantitas kopi roasted, dan mengangkat kembali Kopi Robusta sebagai kopi rakyat yang berkelas dan berkualitas.

Sudah hampir 7 tahun ini kami dengan setia melayani semua kebutuhan kopi sangrai [klien kami]. Dan dengan setia pula melayani para pecinta kopi hitam untuk selalu menikmati sajian kopi berkualitas dari para pelanggan kami.

Produk kami yang pertama adalah kopi bubuk gunung merapi, namun seiring perkembangan jaman, kami hanya menyediakan kopi sangrai untuk kebutuhan home industri dan industri bubuk kopi di tanah air, serta sedikit memproduksi bubuk kopi dengan merk gunung api untuk keperluan terbatas.

Dukungan mesin pengolahan kopi yang serba otomatis membuat kami siap melayani segala kebutuhan industri kopi untuk kopi roasted (kopi sangrai), sebagai bahan baku utama industri bubuk kopi, minuman kopi, cafe, dan kedai-kedai kopi.

Dukungan peralatan laboratorium dan SDMnya sangat memungkinkan kopisangrai.com menghasilkan kopi roasted yang berkualitas, dan terjangkau.

Untuk melihat beberapa klien kami bisa [klik DISINI]. Di beberapa wilayah di Jawa Timur produk kami sangat bisa diterima para pecinta kopi. Dan kami yakin Andapun bisa menikmatinya.

Anda juga dapat melihat beberapa produk kami [DISINI]. KopiSangrai dengan basis kopi rakyat sangat mendukung pertumbuhan UKM industri kopi guna meningkatkan ekonomi rakyat dan bangsa. Dukungan kami berupa tumbuhnya pengusaha-pengusaha baru dengan membuka peluang bisnis [disini] bersama KopiSangrai.com

Jangan ragu lagi untuk selalu bekerjasama dengan kami. Maju dan Berkembang dan sukses bersama KopiSangrai.com. Anda pecinta kopi pasti cinta Kopi Sangrai.

 

Bapak BUDI
081 333 686 682 (SIMPATI)
087 859 876 531 (XL)
Bapak THOMAS
081 1360 3808 (SIMPATI)
330F9b65 (pin BB)

Email :
Pemesanan : Marketing@kopisangrai.com
Peluang Usaha : Info@kopisangrai.com

Alamat Kantor :
Jl. Anggrek Merpati No.13 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Posted in CV. GUNUNG MERAPI | Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , | Leave a comment