CAMPURAN KOPI, PENTINGKAH?

PENTINGNYA CAMPURAN KOPI

(Tips Dan Trik)

 

Pemanggangan dan Pencampuran sangat mempengaruhi cita rasa kopi

Pemanggangan dan Pencampuran sangat mempengaruhi cita rasa kopi

Campuran Kopi yang baik sangat diperlukan untuk menghasilkan kopi dengan aroma dan rasa yang nikmat, dengan cara pencampuran dari beberapa jenis kopi.

Kali ini kopisangrai.com akan membagikan tips tentang pencampuran beberapa jenis kopi. Saya harap akan berguna buat Anda. Jika Anda berharap dapat mengkombinasikan karakter-karakter terbaik dari setiap komponen kopi, menyeimbangkan ke-ekstreman, dan menciptakan secangkir kopi yang bersifat superior, mengapa Anda tidak mencoba berkreasi dengan pencampuran kopi? Kebutuhan dan selera yang berbeda akan membutuhkan pencampuran yang berbeda.

Sebelum mencampur kopi, Anda harus tahu karakter tertentu dari kopi-kopi yang bervariasi, misalnya jenis kopi Kenya AA memiliki tingkat keasamaan yang tinggi, maka Anda dapat mencampurnya dengan kopi Sumatera Lintong yang memiliki rasa kompleks dan tingkat keasaman rendah. Jangan harap Anda dapat menciptakan campuran yang sesuai keinginan Anda jika Anda bahkan tidak tahu karakter-karakter tersebut!

Dicampur atau tidak? 

Campuran kopi yang memuaskan hanya dapat anda hasilkan jika Anda memiliki pengetahuan dan feeling yang baik, dan tentu saja biji kopi, sekalipun hanya dengan kualitas yang biasa. Namun, sekali-kali jangan pernah gunakan komponen yang buruk, karena tentu saja hanya akan menghasilkan campuran yang buruk.

Jika saya ingin mencampur kopi, kapan sebaiknya saya lakukan, sebelum atau sesudah pemanggangan? 

Anda tak perlu bingung karena Anda dapat melakukannya sebelum ataupun sesudah pemanggangan, tentu masing-masing dengan catatannya sendiri-sendiri. Kelebihan pencampuran sesudah pemanggangan adalah sifatnya yang fleksibel. Anda dapat memanggang kopi pada tingkat yang berbeda tanpa harus khawatir pemanggangan tersebut tidak merata.  Akan tetapi, waktu yang Anda butuhkan tentu lebih banyak karena Anda harus memanggang setiap jenis kopi secara bergantian. Jika Anda melakukan pencampuran sebelum pemanggangan, Anda harus memastikan semua jenis kopi memiliki syarat-syarat pemanggangan yang sama agar tidak terjadi pemanggangan yang tidak merata.

Memanggang kopi dengan tingkat yang berbeda, mungkinkah?

Ya, tentu saja! Anda akan menemukan pengalaman yang menyenangkan dengan menghasilkan campuran dari jenis kopi yang berbeda, dengan rasa yang lebih fantastis! Anda dapat mencoba berbagai tingkat pemanggangan yang berbeda pada kopi yang berbeda. Pemanggangan yang lebih ringan akan memberikan keasaman lebih tinggi, sedangkan pemanggangan yang lebih pekat akan memberikan nuansa pahit-manis. Campuran dari beberapa jenis pemanggangan tersebut akan menciptakan kompleksitas rasa yang memanjakan lidah dengan sensasi rasa yang berbeda. Jika Anda tidak ingin repot pesan saja [disini]

Pencampuran untuk espreso

Pada umumnya, tujuan pencampuran espreso agak berbeda dari biasanya. Kopi biasanya dicampur dengan tujuan mencapai kompleksitas rasa, akan tetapi espreso dicampur dengan tujuan untuk mencapai keseimbangan, rasa manis yang sesuai, atau kualitas variasi tertentu.  Secara jujur, memang tidak mudah dalam memperoleh blend coffee (pencampuran berbagai jenis kopi) yang baik. Semuanya perlu ketelitian, pengetahuan, kepekaan, pengalaman, dan percobaan yang cukup kompleks untuk mengasilkan campuran kopi. Atau kalau tidak mau rumit-rumit bisa beli [disini]

Campuran Kopi yang baik memang sulit diperoleh. Seringkali saya menjumpai produk kopi yang cita rasanya menjadi hancur hanya karena proses pemanggangan yang kurang tepat. Memang sangat disayangkan. Oleh karena itu, kali ini saya akan membahas tentang jenis pemanggangan kopi.

Satu fakta yang menarik tentang kopi sebelum disajikan adalah adanya bermacam-macam pemanggangan yang menghasilkan warna yang berbeda-beda. Berikut adalah aneka macam pemanggangan kopi dari yang paling gelap ke yang paling cerah :

  1. Spanish Very Dark Brown Warna mendekati hitam dan sangat mengkilat, nuansa batubara mendominasi, datar. Pemanggangan yang akan Anda dapatkan jika Anda membiarkan proses pemanggangan tanpa pengawasan.

  2. “Italian” atau Dark French Warna coklat pekat dan sangat mengkilat, nuansa terbakar menjadi lebih jelas, tingkat keasaman hampir tidak ada. Sekalipun ada yang menyebutkannya berasal dari Italia, namun sebenarnya tidak demikian.

  3. French Dark Brown Oily Warna yang dihasilkan dari pemanggangan ini adalah coklat yang berkilauan dengan adanya minyak, juga populer untuk espreso, nuansa terbakar kurang terlihat, keasaman telah berkurang. Body kurang mengalami intensifikasi dibandingkan dengan pemanggangan full city.

  4. Light French, atau “Espresso” atau Vienna or Full City+ Warnanya coklat agak pekat dengan tetes-tetes minyak di permukaannya, pahit-manis lebih terasa, rasa karamel kental, keasaman hilang sama sekali. Sejenak sebelum terjadi crack kedua. Pemanggangan jenis ini menjadi ciri khas espreso Italia utara.

  5. Full City Warnanya coklat medium dengan sedikit tetes minyak (hampir tidak ada). Pemanggangan ini baik jika Budi ingin mencoba sedikit variasi dalam karakter kopi dengan sedikit rasa pahit-manis. Crack pertama telah selesai. Sejenak sebelum terjadi crack kedua.

  6. City, atau Medium Warnanya coklat medium. Pemanggangan jenis ini digunakan di sebagian besar daerah di Amerika Serikat bagian barat. Sama seperti pemanggangan full city, pemanggangan ini bagus jika Budi menghendaki variasi rasa pada biji kopi. Crack pertama telah dimulai, tetapi belum selesai.

  7. American atau Light Medium Light Brown Pemanggangan jenis ini menjadi peraturan tradisional di Amerika Serikat bagian utara. Dengan adanya pemanggangan ini, perkembangan kopi dibatasi sehingga tidak dapat mencapai potensi optimalnya.

  8. New England Moderate Light Brown Pemanggangan yang dapat dilakukan dengan biaya rendah dan biasa dipergunakan di Amerika Serikat bagian tengah. Rasa asam terasa lebih kuat.

  9. Cinnamon Berwarna coklat cerah dan kering, nuansa asam sangat terasa.

  10. Light Cinnamon Berwarna coklat sangat cerah, kering, dan memiliki rasa asam yang amat terasa.

Setelah Anda mengetahui variasi pemanggangan kopi, maka selanjutnya Anda dapat menentukan jenis pemanggangan yang sesuai untuk Anda. Atau jika Anda merasa bosan dengan karakter rasa hasil pemanggangan yang biasa Anda lakukan, Anda dapat mencoba yang lain. Selain itu, jenis kopi yang Anda pilih juga harus disesuaikan dengan jenis pemanggangan yang tepat. Semoga tulisan ini bisa menjawab banyak pertanyaan Anda untuk memperoleh keunikan Coffee Blend atau campuran kopi.

Posted in CV. GUNUNG MERAPI, Produk Kami | Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *