ESPRESSO SAJIAN KOPI PALING NIKMAT

ESPRESSO SAJIAN KOPI PALING NIKMAT

 

Espresso, pernahkah Anda membuatnya? Mungkin Anda pernah mencoba membuat sajian kopi bintang lima, tapi hasilnya mengecewakan. Sepertinya sudah mengikuti cara yang benar. Anda heran, bingung,dan mungkin putus asa.

Saya akan share beberapa point penting dalam membuat sajian kopi yang nikmat. Jika Anda tahu sisi mana yang masih kurang, Anda bisa memperbaiki hal tersebut.
Untuk membuat sajian kopi berkelas yang nikmat, paling tidak diperlukan 3 hal, yaitu: keterampilan (disertai resep yang bermutu), alat, dan kopi yang berkualitas. Masing-masing komponen harus berkualitas, dan saling cocok satu dengan yang lain.

1. Keterampilan

Bagaimanapun juga, untuk membuat berbagai sajian kopi yang nikmat, perlu keterampilan dan resep yang baik. Keterampilan di sini mencakup pengetahuan dalam memilih bahan, skill untuk memakai peralatan, dan memiliki resep resep yang dapat diandalkan.

2. Alat

Anda perlu peralatan dalam membuat sajian kopi yang berkelas. Yang terutama adalah Alat untuk membuat espresso, karena espresso sering menjadi bahan dasar dalam resep-resep sajian kopi. Espresso sendiri bisa dibuat dengan berbagai macam alat. Coffee house biasa menggunakan espresso machine yang cukup mahal.

3. Bahan yang berkualitas

Pemilihan bahan akan sangat mempengaruhi cita rasa sajian kopi yang Anda buat. Oleh karenanya, Anda harus menggunakan bahan-bahan yang berkualitas. Kopi yang berkualitas tentu menjadi faktor yang mutlak harus Anda perhatikan, mengingat kopi merupakan bahan yang mendasar dalam setiap resep sajian kopi.

Selain kualitas masing-masing komponen, ada hal lain yang sangat penting yaitu kecocokan dan keserasian antara masing-masing komponen.

Kualitas kopi saja tidak cukup jika tidak disertai dengan kecocokan dengan alat dan resep yang dipakai. Sebagai contoh, untuk membuat “coffee latte” misalnya. Anda bisa mendapatkan rasa yang aneh jika memakai jenis kopi yang kurang tepat, meskipun resep, alat dan keterampilannya sudah baik.

Contoh lain, tingkat kehalusan bubuk kopi harus sesuai dengan alat yang dipakai. Kopi untuk classic drip akan berbeda tingkat kehalusannya dengan kopi untuk espresso machine.

Keserasian dan kecocokan antara keterampilan (disertai resep yang bermutu), alat, dan kopi yang berkualitas, merupakan syarat mutlak dalam membuat sajian kopi istimewa yang berkelas.

Sebagai contoh saja ada baiknya saya menjelaskan secara singkat tentang espresso.

Espresso dapat diartikan sebagai sari kopi yang sangat kental dan pekat. Sari kopi ini biasanya, digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat berbagai macam sajian kopi seperti yang biasa ditemui di coffee house pada umumnya. Selain itu ada juga coffee lovers yang suka meminum espresso ini begitu saja. Sering kali para Coffee Lovers ingin membuat sajian ala coffee house, tapi kesulitan dalam mencari resep yang berkualitas dan kesulitan dalam membuat espresso yang nikmat. Kendala dalam pembuatan espresso ini biasanya disebabkan oleh mahalnya harga espresso maker/coffee machine. Karena harganya yang mahal, maka cukup jarang seseorang beli espresso maker untuk pemakaian pribadi di rumah. Kendala inilah yang menyebabkan orang tidak bisa membuat espresso sehingga mereka tidak bisa juga membuat sajian kopi berkelas seperti di coffee house kesayangan mereka.

Macam-macam alat sederhana untuk membuat espresso.

1. Frech Press
2. Classic Drip/Vietnam Drip
3. Moka Pot
4. Syphon
5. dan lain-lain masih banyak

Di antara bermacam macam alat tersebut, yang paling baik menurut saya adalah Classic Drip.

Alat ini juga biasa dikenal sebagai vietnam drip. Alat sederhana ini bisa menghasilkan espresso yang pekat, mantab, dan punya aroma yang baik. Sangat cocok sebagai bahan dasar sajian kopi bintang lima seperti yang kita temui di coffee house terkenal.
Dibandingkan dengan alat pembuat espresso sederhana lainnya, classic drip ini termasuk yang terbaik, baik dari segi rasa, aroma, dan harga.

Langkah-Langkah membuat espresso dengan menggunakan Classic Drip:

1. Masukkan 2 sendok teh kopi bubuk (untuk single shot)   atau 4 sendok teh kopi bubuk (untuk double shot)
2. Ratakan dan padatkan kopi yang berada di dalam classic   drip menggunakan pemadatnya.
3. Tuangkan air mendidih ke atas coffee drip sampai penuh
4. Tutup Classic drip dengan tutupnya (hati-hati karena   permukaan classic drip panas).
5. Tunggu 5-10 menit   sampai sari kopi berhenti menetes.

Baiklah sampai disini, semoga bermanfaat. Bila Anda ingin mencari kopi berkualitas [klik disini] atau sekedar ingin tahu tentang kami bisa [klik disini]. Semoga Anda bisa menyajikan kopi berkualitas ala Bintang Lima. Selamat mencoba espresso.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *