KOPI DAN KAFEIN, BERBAHAYAKAH

KOPI DAN KAFEIN, BERBAHAYAKAH

Kopi sebagai minuman terasa sangat nikmat dikala dinikmati disaat melepas kejenuhan, kepenatan kerja, dan pada waktu santai.

Kopi sebagai minuman telah disajikan dengan berbagai jenis kreasi, mulai kopi tubruk, kopi espresso, kopi latte, cappucino, kopi instan, kopi aroma buah, dan masih banyak lagi. Tapi tahukah kita kandungan kafein dalam kopi itu bermanfaat atau merugikan, sebagian pendapat mengatakan kafein merugikan, dan sebagian pendapat kafein bermanfaat.

Kopi terkenal akan kandungan kafeinnya yang tinggi. Kafein sendiri merupakan senyawa hasil metabolisme sekunder golongan alkaloid dari tanaman kopi dan memiliki rasa yang pahit. Berbagai efek kesehatan dari kopi pada umumnya terkait dengan aktivitas kafein di dalam tubuh. Peranan utama kafein di dalam tubuh adalah peningkatan kerja psikomotor sehingga tubuh tetap terjaga dan memberikan efek fisiologis berupa peningkatan energi. Efeknya ini biasanya baru akan terlihat beberapa jam kemudian setelah mengonsumsi kopi. Kafein tidak hanya dapat ditemukan pada tanaman kopi, tetapi juga terdapat pada daun teh dan biji cokelat.

Kandungan kafein dalam berbagai sumber minuman

Sumber Kandungan Kafein

  • Secangkir kopi                          : 85 mg
  • Secangkir teh                            : 35 mg
  • Minuman berkarbonasi        : 35 mg
  • Minuman berenergi               : 50 mg

Jenis Kopi menurut kadar kafeinnya

  • Kopi instan                       : 2,8 – 5,0%
  • Kopi moka                        : 1,00%
  • Kopi robusta                    : 1,48%
  • Kopi arabika                     : 1.10 %

Batas aman konsumsi kafein yang masuk ke dalam tubuh perharinya adalah 100-150 mg. Dengan jumlah ini, tubuh sudah mengalami peningkatan aktivitas yang cukup untuk membuatnya tetap terjaga. Selama proses pembutan kopi, banyak kafein yang hilang karena rusak ataupun larut dalam air perebusan. Di samping itu, pada beberapa kasus pengurangan kadar kafein justru dilakukan untuk disesuaikan dengan tingkat kesukaan konsumen terhadap rasa pahit dari kopi. Metode yang umum dipakai untuk hal ini adalah Swiss Water Process. Prinsip kerjanya adalah dengan menggunakan uap air panas dan uap untuk mengekstraksi kafein dari dalam biji kopi. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan saat ini juga telah memungkinkan implementasi bioteknologi dalam proses pengurangan kadar kafein. Cara ini dilakukan dengan menggunakan senyawa theophylline yang dilekatkan pada bakteri untuk menghancurkan struktur kafein.

Banyak isu yang berkembang mengenai efek negatif meminum kopi bagi tubuh, seperti meningkatnya risiko terkena kanker, diabetes melitus tipe 2, insomnia, penyakit jantung, dan kehilangan konsentrasi. Beberapa penelitian justru menyingkapkan hal sebaliknya. Kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi ternyata mampu menekan pertumbuhan sel kanker secara bertahap. Selain itu, kafein mampu menurunkan risiko terkena diabetes melitus tipe 2 dengan cara menjaga sensitivitas tubuh terhadap insulin. Kafein dalam kopi juga telah terbukti mampu mencegah penyakit serangan jantung. Pada beberapa kasus, konsumsi kopi juga dapat membuat tubuh tetapnterjaga dan meningkatkan konsentrasi walau tidak signifikan. Di bidang olahraga, kopi banyak dikonsumsi oleh para atlet sebelum bertanding karena senyawa aktif di dalam kopi mampu meningkatkan metabolisme energi, terutama untuk memecahkan glikogen (gula cadangan dalam tubuh).

Selain kafein, kopi juga mengandung senyawa antioksidan dalam jumlah yang cukup banyak. Adanya antioksidan dapat membantu tubuh dalam menangkal efek pengrusakan oleh senyawa radikal bebas, seperti kanker, diabetes, dan penurunan respon imun. Beberapa contoh senyawa antioksidan yang terdapat di dalam kopi adalah polifenol, flavonoid, proantosianidin, kumarin, asam klorogenat, dan tokoferol. Dengan perebusan, aktivitas antioksidan ini dapat ditingkatkan.

Tahukah 3 cangkir kopi sehari baik untuk wanita, tapi sebaliknya tidak untuk kaum pria, kenapa demikian, tunggu tulisan berikutnya. Anda dapat menyimpulkan sendiri tulisan diatas, dan tidak Anda tidak perlu khawatir juga untuk melihat produk kami [Disini] dan melihat klien kami disini [disini]. Dan kita tidak ragu lagi untukminum kopi

 

Bapak BUDI
081 333 686 682 (SIMPATI) 
087 859 876 531 (XL) 
Bapak THOMAS
081 1360 3808 (SIMPATI) 
330F9b65 (pin BB) 
Email :
PemesananMarketing@kopisangrai.com
Peluang UsahaInfo@kopisangrai.com
Alamat Kantor :
Jl. Anggrek Merpati No.13 Malang, Jawa Timur, Indonesia
Posted in CV. GUNUNG MERAPI, Produk Kami | Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *