PASARAN KOPI INDONESIA MEROSOT

KOPI ROBUSTA REVIEW

buat artikel

KopiSangrai.com mencoba mereview kembali kopi Robusta, supaya kita paham apasih kopi robusta. Nama kopi robusta pertama kali digunakan dalam dunia perdagangan, entah dari mana asal pertama kali digunakan kata robusta ini. Dalam dunia perdagangan ada dua jenis istilah untuk jenis kopi, yaitu kopi robusta dan kopi arabica. Kalau ada yang tahu dengan data akurat kasih tahu kami yaaa.

Tanaman kopi robusta berasal dari daratan Afrika. Di Indonesia, tanaman kopi jenis ini paling banyak dibudidayakan karena memiliki banyak keunggulan. Tanaman kopi ini dapat tumbuh pada ketinggian 300-2000 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini tingginya bisa mencapai 10 meter lebih dan tahan pada cuaca bersuhu panas atau sejuk. Salah satu keunggulan tanaman ini adalah tahan terhadap hama penyakit dan berbuah banyak. Kalau masalah buah banyak dan tahan penyakit petani yang senang nih. Benar teman, karena alasan inilah maka kopi robusta paling banyak di dibudidayakan petani Indonesia.

Eksport kopi robusta pertama kali dilakukan tahun 1711 oleh VOC (waktu itu bukan Indonesia, tapi Hindia Belanda), dalam tempo 10 tahun eksport meningkat sampai 60 ton/tahun, Indonesia adalah tempat perkebunan pertama diluar Arabia dan Ethiopia dan VOC memonopoli perdagangan kopi ini dari tahun 1725 sampai 1780. Tapi maaf duitnya bukan untuk kemajuan masyarakat, tapi untuk VOC dan pemerintah Hindia Belanda.

Sekitar tahun 1700an harga kopi dari Batavia sangat bagus yaitu sekitar 3 Guilder/kg di Amsterdam, atau sama dengan beberapa ratus USD/Kg dengan kurs saat ini. Hanya kalangan elite bangsawan dan militer yang bisa minum kopi saat itu. Bandingkan dengan harga saat ini sekitar USD 1 per kg. Hah yang benar. Benar kawan Harga kopi memang sangat mahal saat itu, dan murah saat ini. Akhir abad 18 harga kopi mulai turun menjadi 0.6 Guilder/Kg sehingga kopi bisa diminum untuk kalangan masyrakat yang lebih luas lagi. Apalagi harga KopiSangrai.com lebih murah lagi.

[Harga kopi] saat ini malah jauh merosot lagi sejak dua tahun terakhir, kalau tidak percaya simak Liputan6 tanggal 10 Juni 2013. Waah… kasihan deh para petani, karyawan dan pengusaha (tidak untuk pedagang karena tetap untung hehehe…).

Kembali kepokok bahasan, Kopi Robusta dikenal sebagai Coffee Canephora. Namun, soal rasa, robusta memang tak bisa menandingi kopi arabika. Didunia dua jenis kopi ini sangat banyak dikonsumsi masyarakat. Untuk setiap berat yang sama, kadar kafein robusta lebih tinggi ketimbang arabika, yakni mencapai 2,8 persen serta memiliki jumlah kromosom sebanyak 22. Rasanya lebih netral, serta aroma kopinya yang terasa lebih kuat. Saat disangrai, aroma yang keluar lebih menusuk hidung dibandingkan aroma kopi arabika. Saat ini, sekitar sepertiga produksi kopi dunia ialah dari kopi robusta.  Salah satu faktornya, kopi ini lebih mudah perawatannya dibandingkan jenis arabika, sehingga biaya produksinya juga murah. Karena itu, harga biji kopi robusta dipasaran jauh lebih murah ketimbang biji kopi arabika. Karena lebih murah, maka kopi robusta kebanyakan digunakan untuk pembuatan kopi instan.

Karena tahan penyakit maka kopi robusta memiliki penyebaran yang luas di Indonesia. Sentra perkebunan kopi robusta di Indonesia yaitu di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Aceh, dan Jawa Timur. Untuk sentra kopi arabica yaitu meliputi Sulawesi Selatan (Toraja), Aceh (Takenon), Papua, Jawa Timur.

Meskipun kopi robusta masuk belakangan di Indonesia tapi sampai saat kopi robusta tetap merajai produksi kopi Indonesia. Sembilan puluh persen kopi di Indonesia adalah robusta dan jadilah Indonesia produsen kopi robusta terbesar di dunia ke empat . Wow… plok plok plok (tepuk tangan) buat petani dan pengusaha Indonesia.

Nah kawan, kopi robusta inilah yang menjadi bahan baku produksi KopiSangrai.com. Kami mencoba menjebatani para produsen kopi instan akan keterbatasan kopi sangrai (bukan biji kopi hijau lho). Kami menyediakan bahan biji kopi yang telah digoreng atau di oven atau di sangrai, entahlah istilahnya yang penting biji kopi siap bubuk. Untuk melihat produk kami bisa dilihat di [sini] dan untuk pemesanan bisa juga [klik disini] atau mau lihat para pelanggan kami, lihat [disini]. Itu semua kami lakukan guna kemajuan industri kopi ditanah air dan para pelaku perkebunan kopi (petani, pengusaha, pedagang) di Indonesia bersama KopiSangrai.com

 

Bapak BUDI
081 333 686 682 (SIMPATI) 
087 859 876 531 (XL) 
Bapak THOMAS
081 1360 3808 (SIMPATI) 
330F9b65 (pin BB) 
Email :
Pemesanan : Marketing@kopisangrai.com
Peluang Usaha : Info@kopisangrai.com 
Alamat Kantor :
Jl. Anggrek Merpati No.13 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *